Selasa, 28 Februari 2012

MAKALAH TEORI PERKEMBANGAN MANUSIA


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Manusia adalah makhluk yang sangat mulia dbanding makhluk-makhluk Allah yang lain, seperti hewan dan jin-jin ataupun malaikat. karena manusia diciptakan Allah dalam keadaan yang sempurna baik bentunya maupun akalnya..
Manusia dikaruniai akal dan nafsu sehingga berbeda dengan makhluk-makhluk yang lain. Dalam kehidupannya manusia berkembang dari kecil menjadi besar, dari pemikiran yang sempit menjadi luas, dari bodoh menjadi pintar, dan sebagainya. Manusia di dunia ini ada yang pandai, ada yang bodoh merupakan keanekaragaman yang diciptakan oleh Allah, baik itu yang pandai karena memang orang tuanya pandai ataupun anak yang pandai padahal orang tuanya tidak bisa baca tulis atau buta huruf.
Maka dari sinilah, kami akan menyusun sebuah makalah mengenai teori-teori perkembangan manusia menurut para ahli dibidangnya.
B.     Rumusan Masalah
Dari pendahuluan diatas, maka timbul permasalahan-permasalahan, diantaranya :
1.      apa saja teori-teori perkembangan menurut para ahli?
2.      bagaiman tahapan-tahapan perkembangan manusia?


Minggu, 26 Februari 2012

SISTEM TATA SURYA DAN KETERATURANYA



I. Pendahuluan
Alam semesta telah lama memberi banyak pesona bagi manusia. Keindahan dan keteraturan serta misteri yang menyertai membuat kita sebagai manusia selalu merasa tertantang untuk menggali rahasia lebih dalam di balik keindahan tersebut. Dahulu manusia pernah mengira dirinya dan bumi yang dipijaknya adalah pusat alam semesta. Ternyata tidak demikian, planet bumi hanya sebutir debu layaknya di dalam tatanan semesta yang sangat luas. Diantara luasnya alam semesta tersebut terdapat galaksi yang jumlahnya sangat banyak. Di dalamnya terdapat tata surya yang jumlahnya tak kalah banyaknya. Namun dalam makalah ini tidak akan membahas banyaknya jumlah tata surya dalam tata surya, melainkan menjelaskan tata surya yang kita huni beserta keteraturannya.
II. Rumusan Masalah
Bertolak dari latar belakang diatas, timbullah permasalahan yang membutuhkan jawaban secara implisit :
A. Apakah yang dimaksud dengan tata surya itu ?
B. Bagaimana asal-usul terbentuknya tata surya ?
C. Bagaimana sistem ketaraturan tata surya ?


Sabtu, 25 Februari 2012

MAKALAH TEORI PENCIPTAAN ALAM SEMESTA




                     I.            PENDAHULUAN
Sebagai umat Islam kita semua sudah sangat memahami bahwa perintah pertama yang diterima Nabi Muhammad Saw. Dari Allah SWT adalah "Membaca" tapi kita belum menghayati betul apa yang terkandung dibalik perintah itu, bahwasanya semua yang telah terjadi di alam semesta ini semua ciptaan-Nya yang sudah dijelaskan dalam Al-Qur'an.
Al-Qur'an adalah kita suci yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad Saw sebagai wahyu sekaligus sebagai Mu'jizat dan didalamnya juga mengandung beberapa kemu'jizatan diantaranya Al-Qur'an selalu benar dan singkron dengan ilmu pengetahuan modern yang baru ditemukan seperti sekarang.
Al-Qur'an adalah sumber dari segala ilmu, suatu ungkapan yang tidak hanya terdengar dikalangan umat Islam saja, tetapi juga sering terucap juga oleh para cendikiawan dan ilmuan barat, dalam menghadapi situasi tertentu dan tidak seorang pun dapat menyangkal bahwa dalam Al-Qur'an tidak hanya diletakkan dasar-dasar peraturan kehidupan manusia dalam hubungan ibadah dengan Tuhan-Nya dan Tindakan dengan alam sekitarnya, tetapi juga dinyatakan tentang ciptaan alam termasuk manusia di dalamnya. Dan ini semua tidak lepas dari tujuan Allah untuk menunjukkan kuasa-Nya pada manusia agar manusia bisa berpikir dan menemukan hakekat penciptaan alam dan dirinya sendiri.
"sesungguhnya dalam penciptaan tata kerja langit dan bumi, malam dan siang, bahtera yang berlayar dilaut dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu dia hidupkan bumi sesudah matinya dan dia sebarkan di bumi segala jenis hewan dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, sesungguhnya terdapat tanda-tanda ke-Esaan dan kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir".(Qs. Al-Baqaroh : 164).
Di makalah ini penulis akan menjelaskan tentang asal usul alam semesta .

Kamis, 23 Februari 2012

ANALISIS KESESUAIAN SOAL UJIAN NASIONAL DENGAN KISI-KISI DARI BSNP

ANALISIS KESESUAIAN SOAL UJIAN NASIONAL DENGAN KISI-KISI DARI BSNP
       I.            LATAR BELAKANG
Pada umumnya siswa merasa takut terhadap fisika,itu bisa disebabakan dari guru fisika yg terkesan menakutkan ataupun memang siswanya yg krg berminat dlm pelajran yg berhubungan dg hitung menghitung.
BSNP telah menetapkan standar2 ttg segalahal mengenai pendidikan, mulai dari stardar buku ajar smapai standar kisi2 soal ujian. Kisi2 soal yg ditetapkan oleh BSNP diharapkan dpt mjd acuan bg guru mapel dlm membuat soal, shg soal yg dibuat sesuai dan memudahkan siswa dlm menghadapi ujian krn siswa mpy byangan ttg soal yg akan diujikan kelak. Soal UAN fisika SMA yg dibuat oleh BSNP berdasarkan kurikulum 1994, SK n KD kur.2004, dan standar isi (permen no. 75 th 2009). Jadi, disetiap sekolah dpt diketahui seberapa tingkat ketuntasan belajar sesuai standar yg ada. Standar2 tsb meliputi standar materi, penyajian dan standar bahasa/keterbacaan.
Tdk smw guru mapel fisika menyusun soal ujian sesuai dg kisi2 yg telah ditentukan olej BSNP. Guru terkadang menyusun soal ujian sesuai dg kenyataan dilapangan, dilihat dari sumber daya siswa, tingkat pemahaman siswa dan ketersediaan media mengajar jg materi pelajaran yg banyak.
Melihat pengalamn peneliti dari PPL yg sdh dilalui kurang lebih selama 2bln disalah satu sekolah menengah keatas dan ditugasi untuk mengajar dikeas 3 pd mapel fisika, banyak masalah yang dihadapi. Seperti dalam pembuatan ulangan harian fisika.sebelum pembuatan soal fisika seharusnya dibuat terlebih dahulu kisi-kisi dari soal2 fisika yg akan dibuat. Tetapi kenyataannya terkadang justru kisi-kisi dibuat sesuai soal, maksudnya soal fisika dibuat lbh dahulu baru kemudian dibuatlah kisi2nya. Seperti halnya soal tryOut sudah dibuat sesuai dg kisi2 yg ada yg dikeluarkan oleh BSNP atau belum.

Kamis, 16 Februari 2012

SEJARAH PERADABAN ISLAM PADA MASA BANI UMAYYAH


PADA MASA BANI UMAYYAH
A. Kebijakan Politik Dan Ekonomi
Sistem Politik Dan Perluasan Wilayah
Dijaman Muawiyah, Tunisia dapat ditaklukkan. Disebelah timur, Muawiyah dapat menguasai daerah Khurasan sampai kesungai Oxus dan Afganistan sampai ke Kabul. Angkatan lautnya melakukan serangan-serangan ke Ibu Kota Bizantium, Konstantinopel. Ekspansi ke timur yang dilakukan Muawiyah kemudian dilanjutkan oleh Khalifah Abd Al-Malik, dia menyeberangi sungai Oxus dan dapat berhasil menundukkan Baikh, Bukhara, Khawarizm, Ferghana dan Samarkand. Mayoritas penduduk dikawasan ini kaum Paganis. Pasukan islam menyerang wilayah Asia Tengah pada tahun 41H / 661M. pada tahun 43H / 663M mereka mampu menaklukkan Salistan dan menaklukkan sebagian wilayah Thakaristan pada tahun 45H / 665M. Mereka sampai kewilayah Quhistan pada tahun 44H / 664M. Abdullah Bin Ziyad tiba dipegunungan Bukhari. Pada tahun 44H / 664M para tentaranya datang ke India dan dapat menguasai Balukhistan,Sind, dan daerah Punjab sampai ke Maitan.
Ekspansi kebarat secara besar-besaran dilanjutkan dijaman Al-Walid Ibn Abd Abdul Malik (705M-714M). Masa pemerintahan Walid adalah masa ketentraman, kemakmuran dan ketertiban. Umat islam merasa hidup bahagia, tidak ada pemberontakan dimasa pemerintahanya. Dia memulai kekuasaannya dengan membangun Masjid Jami’ di Damaskus. Masjid Jami’ ini dibangun dengan sebuah arsitektur yang indah, dia juga membangun Kubbatu Sharkah dan memperluas masjid Nabawi, disamping itu juga melakukan pembangunan fisik dalam skala besar.