Kamis, 23 Februari 2012

ANALISIS KESESUAIAN SOAL UJIAN NASIONAL DENGAN KISI-KISI DARI BSNP

ANALISIS KESESUAIAN SOAL UJIAN NASIONAL DENGAN KISI-KISI DARI BSNP
       I.            LATAR BELAKANG
Pada umumnya siswa merasa takut terhadap fisika,itu bisa disebabakan dari guru fisika yg terkesan menakutkan ataupun memang siswanya yg krg berminat dlm pelajran yg berhubungan dg hitung menghitung.
BSNP telah menetapkan standar2 ttg segalahal mengenai pendidikan, mulai dari stardar buku ajar smapai standar kisi2 soal ujian. Kisi2 soal yg ditetapkan oleh BSNP diharapkan dpt mjd acuan bg guru mapel dlm membuat soal, shg soal yg dibuat sesuai dan memudahkan siswa dlm menghadapi ujian krn siswa mpy byangan ttg soal yg akan diujikan kelak. Soal UAN fisika SMA yg dibuat oleh BSNP berdasarkan kurikulum 1994, SK n KD kur.2004, dan standar isi (permen no. 75 th 2009). Jadi, disetiap sekolah dpt diketahui seberapa tingkat ketuntasan belajar sesuai standar yg ada. Standar2 tsb meliputi standar materi, penyajian dan standar bahasa/keterbacaan.
Tdk smw guru mapel fisika menyusun soal ujian sesuai dg kisi2 yg telah ditentukan olej BSNP. Guru terkadang menyusun soal ujian sesuai dg kenyataan dilapangan, dilihat dari sumber daya siswa, tingkat pemahaman siswa dan ketersediaan media mengajar jg materi pelajaran yg banyak.
Melihat pengalamn peneliti dari PPL yg sdh dilalui kurang lebih selama 2bln disalah satu sekolah menengah keatas dan ditugasi untuk mengajar dikeas 3 pd mapel fisika, banyak masalah yang dihadapi. Seperti dalam pembuatan ulangan harian fisika.sebelum pembuatan soal fisika seharusnya dibuat terlebih dahulu kisi-kisi dari soal2 fisika yg akan dibuat. Tetapi kenyataannya terkadang justru kisi-kisi dibuat sesuai soal, maksudnya soal fisika dibuat lbh dahulu baru kemudian dibuatlah kisi2nya. Seperti halnya soal tryOut sudah dibuat sesuai dg kisi2 yg ada yg dikeluarkan oleh BSNP atau belum.