Kamis, 23 Februari 2012

ANALISIS KESESUAIAN SOAL UJIAN NASIONAL DENGAN KISI-KISI DARI BSNP

ANALISIS KESESUAIAN SOAL UJIAN NASIONAL DENGAN KISI-KISI DARI BSNP
       I.            LATAR BELAKANG
Pada umumnya siswa merasa takut terhadap fisika,itu bisa disebabakan dari guru fisika yg terkesan menakutkan ataupun memang siswanya yg krg berminat dlm pelajran yg berhubungan dg hitung menghitung.
BSNP telah menetapkan standar2 ttg segalahal mengenai pendidikan, mulai dari stardar buku ajar smapai standar kisi2 soal ujian. Kisi2 soal yg ditetapkan oleh BSNP diharapkan dpt mjd acuan bg guru mapel dlm membuat soal, shg soal yg dibuat sesuai dan memudahkan siswa dlm menghadapi ujian krn siswa mpy byangan ttg soal yg akan diujikan kelak. Soal UAN fisika SMA yg dibuat oleh BSNP berdasarkan kurikulum 1994, SK n KD kur.2004, dan standar isi (permen no. 75 th 2009). Jadi, disetiap sekolah dpt diketahui seberapa tingkat ketuntasan belajar sesuai standar yg ada. Standar2 tsb meliputi standar materi, penyajian dan standar bahasa/keterbacaan.
Tdk smw guru mapel fisika menyusun soal ujian sesuai dg kisi2 yg telah ditentukan olej BSNP. Guru terkadang menyusun soal ujian sesuai dg kenyataan dilapangan, dilihat dari sumber daya siswa, tingkat pemahaman siswa dan ketersediaan media mengajar jg materi pelajaran yg banyak.
Melihat pengalamn peneliti dari PPL yg sdh dilalui kurang lebih selama 2bln disalah satu sekolah menengah keatas dan ditugasi untuk mengajar dikeas 3 pd mapel fisika, banyak masalah yang dihadapi. Seperti dalam pembuatan ulangan harian fisika.sebelum pembuatan soal fisika seharusnya dibuat terlebih dahulu kisi-kisi dari soal2 fisika yg akan dibuat. Tetapi kenyataannya terkadang justru kisi-kisi dibuat sesuai soal, maksudnya soal fisika dibuat lbh dahulu baru kemudian dibuatlah kisi2nya. Seperti halnya soal tryOut sudah dibuat sesuai dg kisi2 yg ada yg dikeluarkan oleh BSNP atau belum.


    II.            RUMUSAN MASALAH
Apakah soal-soal ujian akhir nasional tahun 2011sudah sesuai dengan kisi-kisi dari BSNP tahun 2011?
 III.            METODE PENELITIAN
A.    Penelitian Kualitatif
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dg menggunakan pendekatan kualitatif diharapkan dpt mengungkap scr lebih cermat dan mendalam kesesuaian soal Uan fisika SMA dg kisi-kisi ujian nasional BSNP dg panduan taksonomi bloom yg terdiri dari 6 tingkatan taksonomi yaitu:
-          Pengetahuan
-          Pemahaman
-          Penerapan
-          Analisis
-          Sintesis
-          Evaluasi
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yg dilakukan scr intensif, terinci, dan mendalam thdp suatu organisme, lenbaga, atau objek tertentu. Tujuannya utk mengetahui scr lgsg kesalahan penyusunan soal try out Uan fisika SMA 2011 oleh guru MAPEl fisika dg mempalajari kasus yg ada.untuk mengetahui kesalahan guru maka perlu diadakan suatu analisis thdp soal2 tryout Uan fisika tsb sehingga diperoleh gambaran pada bagian mana saja guru melakukan kesalahan.
B.     Populasi
Populasi dari penelitian ini adalh semua soal UAN fisika SMA th 2011.
C.     Sampel
Pada penelitian ini, sebagai smapel diambil soal UAN fisika. Sampel ditentukan dg  TEHNIK.......
D.    Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yg dpakai dlm penelitian ini adalah metode observasi. Metode ini digunakan untuk memperoleh soal Uan fisika. Kemudian dilakuka pengecekan kesesuaian soal ujian nasional fisika dg kisi-kisi penyusunan soal UAN fisika SMA th 2011 dari BSNP.
E.     Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen kisi2 UAN dari BSNP yg digunakan untuk menilai kesesuaian soal UAN fisika SMA thn 2011.
 IV.            Analisis Data
a.       Deskriptif Presentase
Cara yg digunakan untuk mengetahui tingkat kesesuaian soal UAN dg Kisi2 UAN SMA th 2011 dari BSNP adlh memberikan penilaian untuk setiap butir soal UAN fisika yg komponen kesesuaiannya yaitu: tingkat kesukaran dan indikator yg akan dicapai yg telah dibuat sesuai dg kisi2nya, dg cara memberikan Cek list (v) pd salah satu kolom skor 1,2,3,4 untuk butir soal yg memenuhi kriteria komponen kesesuaian yg ada. Menentukan skor skor penilaian sesuai dg deskripsi butir.
Tahapan dlam teknik deskripsi kualitatif  adlh:
1)      Konversi kuantitas Data
Kuantitas data di konversi dalam bentuk numerik dg perincian sbb:
·         Skor 4 diberikan apabila butir yg dimaksudkan pd soal UAN fisika mencapai min 80% dari pemenuhan maksud butir sebagaimana dijelaskan dlm deskripsi butir.
·         Skor 3 diberikan apabila butir yg dimaksud pd soal UAN mencapai 60-79% dari pemenuhan maksud butir....
·         Skor 2 diberikan apabila butir yg dimkasudkan pd soal UAN mencapai 50-59% dr pemenuhan....
·         Skor 1 diberikan apabila butir yg dimaksudkan pd soal UAN kurang dari 50% dr pemenuhan....
a)      Melakukan analisis deskriptif presentase dg rumus:
DP = skor yg diperoleh/skor ideal atau skor max X 100%
b)      Data dari skor presentase yg diperoleh kemudian ditafsirkan dg kalimat kualitatif. Cara menentukan kriteria penenrapan adl dg menentukan persentase tertnggi dan persentase terendah terlebih dahulu menggunakan rumus sbb:
Persentase tertinggi = item x skor nilai tertinggi  x 100%
                                    Item x skor nilai terendah
Persentase terendah = kebalikan dg tertinggi
Setelah memperoleh persentase tertinggi dan terendah, langkah selanjutnya adl menentukan interval kelas sbb:
= % tertinggi - % terendah
 Kelas yg dikehendaki
= 100 – 25/4
= 18,75 (jamil, A. 2006. Pengembangan bahan ajar elektronik mandiri (self e-learning materials) berbasis web Makul IPBA pokok bahasan sistem tata surya (skripsi). Semarang : UNNES.
Nilai 18,75 dibulatkan menjadi 19.
Berdasrkan rumus diatas, maka kriteria yg diterapkan untuk kuesioner adl:
Tabel kriteria hasil kesesuaian soal UAN dg kisi2 BSNP:
Interval                                   kriteria
..........................................................
Dengan x adal hasil kesesuaian soal UAN dg kisi2 BSNP
Ket: min persentase yg diperoleh tiap butir yg memenuhi kriteria adl 25% karena min skor yg diberikan adl 1 dari max skor yaitu 4.
    V.            REFERENSI
-          Arikunto, suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: rineka cipta.
-          BSNP. 2006a. Instrumen penilaian tahap1 buku teks pelajaran pendidikan dasar dsn menengah. Jakarta. On line at http://www.pusbuk.or.id/
-          [depdiknas]. 2009. Ujian nasional sekolah menengah pertama/ madrasah tsanawiyah, SMPLB, SMA/MA, SMALB,dan SMK th 2009/2010. Jakarta: permendiknas 75 th 2009.
-          _______.2003. pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian mapel fisika. Jakarta: ditjen. Dikdasmen.
-          Meleong, j. Lexy. 2006. Metodologi penelitin kualitatif. Bandung: remaja rosdakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar